7 Gerhana Matahari yang akan terjadi di Indonesia

sumber gambar aceh.tribunnews.com

Tahukah kamu, setelah gerhana matahari yang terjadi pada tahun 2016 yang lalu, dalam 32 tahun kedepan mulai tahun 2017 Indonesia akan dilewati oleh 7 Gerhana Matahari lagi loh. Gerhana yang akan terjadi ini meliputi gerhana matahari total dan cincin. Tetapi, keseluruhan gerhana yang akan melewati Indonesia ini tidak ada satupun gerhana yang menyentuh Pulau Jawa. Alhasil bagi penduduk yang tinggal di Pulau Jawa harus keluar pulau untuk dapat melihat gerhana matahari total. Jika tidak cukup biaya, bisa saja melihat gerhana matahari tetapi harus puas walau hanya gerhana matahari sebagian saja. Dibawah ini adalah 7 gerhana matahari yang akan terjadi di Indonesia.

  • Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019
Gerhana matahari cincin yang satu ini akan terjadi pada tanggal 26 Desember 2019. Lintasan dari gerhana matahari cincin ini akan dimulai dari Arab Saudi berlanjut ke India, Sri Lanka, memasuki wilayah Indonesia tepatnya Pulau Sumatera, ke Singapura dan Malaysia lalu menuju Pulau Kalimantan hingga berakhir di Samudra Pasifik. Di Indonesia sendiri, tepatnya di Pulau Sumatera dan Kalimantan gerhana matahari cincin akan terjadi di Indonesia sekitar pukul 11.00 sampai dengan 13.00 WIB dimulai dari matahari tertutup sebagian hingga matahari terbebas dari bayangan bulan. untuk lintasan dari matahari ini dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
sumber gambar timeanddate.com

  • Gerhana Matahari Total 20 April 2023
Ini adalah gerhana matahari total pertama yang akan terjadi di Indonesia setelah tahun 2016. Gerhana matahari total ini akan terjadi mulai dari Samudra Hindia menuju ke utara dan bersinggungan dengan garis pantai bagian barat dari Benua Australia, melewati Pulau Timor, NTT Indonesia dan Papua. Gerhana ini akan terjadi di Indonesia sekitar pukul 11.00 s/d 12.00 WIB. Dibawah ini adalah lintasan dari gerhana matahari yang akan terjadi pada 20 April 2023.
sumber gambar timeanddate.com

  • Gerhana Matahari Total 22 Juli 2028
Walaupun kenyataannya tidak melewati wilayah daratan dari negara kita, gerhana matahari total ini hampir menyentuh Pulau Jawa. Gerhana ini terjadi tepat sekali di sebelah selatan di sepanjang Pulau Jawa, Bali hingga Nusa Tenggara. Gerhana ini hanya akan melintas di sepanjang Samudera Hindia dan melewati Australia hingga berakhir di Selandia Baru. Saat terdekat dengan Gerhana Matahari Total yang akan tampak Gerhana Matahari Sebagian bagi masyarakat yang tinggal di sepanjang Pulau Jawa, Bali hingga Nusa Tenggara antara pukul 09.00 sampai dengan 10.00 WIB. Berikut ini adalah gambar lintasan Gerhana Matahari Total 22 Juli 2028.
sumber gambar timeanddate.com

  • Gerhana Matahari Cincin 21 Mei 2031
Gerhana matahari cincin ini akan terjadi di Indonesia sekitar pukul 16.00 WIB. Gerhana ini akan dimulai dari Benua Afrika melewati Samudera Hindia menuju India, Sri Lanka, Malaysia dan di Indonesia akan melintasi Pulau Kalimantan hingga berakhir di Sulawesi. Gerhana ini akan berlangsung sangat cepat karena terjadi pada sore hari. Dibawah ini adalah gambar lintasan dari Gerhana Matahari Cincin.
sumber gambar timeanddate.com

  • Gerhana Matahari Total 20 April 2042
Gerhana Matahari Total ini akan melintasi Pulau Sumatera, Indonesia, Malaysia, Brunei dan Filipina hingga Samudera Pasifik. Di Indonesia sendiri tepatnya di Pulau Sumatra, gerhana ini akan terjadi menjelang pukul 07.00 dan akan berlangsung sangat cepat karena terjadi pada pagi hari. Dibawah ini adalah gambar dari lintasan gerhana itu sendiri.
sumber gambar timeanddate.com
  • Gerhana Matahari Cincin 14 Oktober 2042
Kali ini gerhana matahari hadir di Indonesia dalam tahun yang sama. Pada tahun 2042, Indonesia akan mendapatkan dua gerhana sekaligus. Berbeda dengan Gerhana Matahari Total yang terjadi sebelumnya, pada 14 Oktober 2042 akan terjadi Gerhana Matahari Cincin. Gerhana ini akan melintasi wilayah Thailand bagian Selatan, Malaysia, Indonesia (tepatnya Kalimantan, Sulawesi dan NTT), Timor Leste berlanjut hingga Australia dan Selandia Baru sampai berakhir di Samudera Pasifik. Di Indonesia, gerhana ini akan terjadi sekitar pukul 07.00 sampai dengan 08.00 WIB. Dibawah ini adalah gambar lintasannya.
sumber gambar timeanddate.com
  • Gerhana Matahari Total 25 November 2049
Dan yang terakhir ini, gerhana matahari total akan mulai melintas dari Arab Saudi, Yaman, menyeberangi Samudera Hindia menuju Indonesia melewati Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku. Gerhana ini akan terjadi di Indonesia sekitar pukul 13.00 sampai dengan 14.00 WIB
sumber gambar timeanddate.com

Terima kasih telah berkunjung di Blog saya. Sebenarnya masih ada beberapa gerhana yang akan melintasi wilayah indonesia setelah tahun 2049-2099. Akan tetapi jika dibahas disini semua mungkin akan terlalu panjang. Jika kalian menginginkan info lebih lanjut tentang Gerhana Matahari bisa berkunjung di timeanddate.com. Semoga Bermanfaat.
7 Gerhana Matahari yang akan terjadi di Indonesia 7 Gerhana Matahari yang akan terjadi di Indonesia Reviewed by Dwi Yuli Wibowo on February 02, 2017 Rating: 5

No comments:

Pembaca yang baik tinggalkan komentar yang baik

Powered by Blogger.